Acep-Computer

Tips Triks Komputer, Download Software Gratis, Dan Tutorial Blog

10 Tips Dan Triks Menghemat Energi Pada Laptop Dan Komputer


10 Tips Dan Triks Menghemat Energi Pada Laptop Dan Komputer
Single Link
Alternative Link : [ Click Here... ] Direct Link
10 Tips Dan Triks Menghemat Energi Pada Laptop Dan Komputer

10 Tips Dan Triks Menghemat Energi Pada Laptop Dan Komputer | Hay sobat apa kabar kalian semua ? Sudah lama saya tidak update soalnya banyak kegiatan di dunia nyata. Kali ini Acep-Computer akan membagikan tips triks kepada anda semua. Tips dan triks kali ini adalah seputar komputer dan laptop, tepatnya menghemat energi pada laptop dan komputer.

Menghemat energi memang harus kita lakukan. Menghemat energi bisa mulai dari hal yang kecil seperti mematikan lampu. Tapi menghemat energi kali ini berhubungan langsung dengan laptop dan komputer lho sob. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menghemat penggunaan daya listrik di laptop dan komputer. Selain itu juga banyak manfaat yang akan kita peroleh salah satunya adalah laptop dan komputer akan lebih awet. Berikut adalah 10 Tips Dan Triks Menghemat Energi Pada Laptop Dan Komputer :
  1. Atur Pencahayaan.
    Mengatur pencahayaan bisa menghemat energi. Mungkin bagi orang yang masih awam atau gaptek bisa tidak percaya. Ya, mengatur pencahayaan bisa memininalkan penggunaan listrik yang digunakan laptop dan komputer. Tingkat pencahayaan atau kontras yang tinggi akan menghabiskan banyak energi. Jadi setting kontras anda menjadi rendah jika anda ingin hemat energi.
  2. Matikan Monitor Jika Tidak Dipakai.
    Tips yang kedua adalah mematikan monitor. Mematikan monitor juga bisa menghemat penggunaan energi. Jenis monitor CRT (Chatode Ray Tubel) adalah jenis monitor yang paling besar memakan listrik. Jika dirumah anda komputernya memakai monitor jenis ini, saya sarankan untuk mematikannya pada saat ditinggal sebentar atau dalam waktu yang lama.
  3. Matikan Hard Disk
    Meskipun kita tidak sedang melakukan apa pun pada komputer kita, tapi data anda akan selalu dibaca dari hard disk (oleh sistem operasi dan beberapa aplikasi). Karena inilah, hard disk akan terus menerus berputar dan tentu saja ini akan menghabiskan energi. Jika anda ingin meninggalkan PC anda dalam waktu yang lama, maka sebaiknya matikan hard disk PC anda. Caranya “Power Options Properties” lalu klik tab “Power Schmes”. Klik tanda panah di bagian “Power Schemes” dan pilih “Home/Off desk”. Kemudian klik “Turn off hard disk” dan pilih waktunya. Lalu klik “Apply” dan “Ok”.
  4. Matikan Peralatan Lainnya.
    Matikanlah peralatan lainnya seperti, speaker, modem eksternal, scanner, Zip drive dan printer. Karena peralatan itu sangat menghabiskan banyak energi. Seringkali orang meninggalkan peralatan tersebut dalam keadaan aktif, bahkan saat kita sedang keluar dalam waktu yang lama.
  5. Pakai Mode Hibernate.
    Mode hibernate ini adalah fasilitas untuk melakukan shut down, tapi tidak menutup atau mematikan aplikasi yang sedang kita buka tadi. Hal ini dapat dilakukan dengan cara Mode “Hibernate”. Dengan mode ini, isi memory utama (RAM) akan tersimpan dalam hard disk. Cara melakukan mode hibernate adalah sebagai berikut, pada “Power Options” klik tab “Hibernate”. Lalu klik kotak dekat “Enable Hibernation”. Klik juga pada tab “Advanced”. Dalam bagian “When I Press the power button” lalu klik tanda panahnya kemudian klik “Hibernate”. Klik “Apply” dan “Ok”. Setelah itu tekan tombol “Power” pada komputer anda. Mode hibernate sudah berfungsi, tekan tombol “Power” sekali lagi, komputer anda akan menyala dan akan otomatis membuka aplikasi yang telah anda buka tadi.
  6. Gunakan Mode Standby.
    Agar bisa menghemat energi, sebaiknya pengaturan monitor dan hard disk berada di bagian yang paling rendah pada mode standby. Jika anda ingin meninggalkan PC sebentar, sebaiknya aktifkan mode standby. Namun yang harus anda ketahui adalah, saat mode standby aktif data-data yang belum anda simpan dapat rusak atau hilang kalau PC anda mengalami kerusakan. Sebaiknya simpan dahulu data atau dokumen anda sebelum anda mengaktifkan mode standby ini. Mode standby dapat dilakukan dengan cara, klik “Start-Turn Off computer” lalu klik “Stanby”.
  7. Gunakanlah UPS.
    Gunakanlah selalu alat UPS, karena alat ini bisa membantu penyelamatan data atau shut down saat terjadi mati listrik. Untuk mengatur peralatan UPS dan mengkonfigurasikan alat tersebut “Power Option Properties” lalu pilih tab UPS. Bagian status dalam tab UPS menampilkan perkiraan jumlah menit yang dapat didukung UPS terhadap PC anda. Sebenarnya banyak cara untuk mengkonfigurasikan UPS, namun hal ini tergantung dari model dan kapasitas UPS yang digunakan.
  8. Baterai Laptop.
    Jika anda men-charge baterai laptop, pastikan proses charge-nya selesai. Karena proses charge yang dilakukan setengah-setengah lalu dilanjutkan kembali, itu malah akan menghabiskan banyak energi. Jika anda ingin berpergian, sebaiknya bawa selalu baterai tambaha. Untuk menghemat pemakaian baterai. Anda bisa memanfaatkan feature Hibernate/Suspended atau gunakan soket listrik yang dihubungkan ke stopkontak.
  9. Port USB.
    Jika saat anda menggunaka laptop dan saat itu anda memasukkan salah satu ke port USB di laptop, sebaiknya kalau sudah selesai langsung dilepaskan saja. Karena peralatan yang masih tertancap di port USB, itu juga dapat menghabiskan tenaga pada PC atau laptop anda. Sebaiknya lepaskan alat tersebut bila pemakainnya dirasa sudah cukup.
  10. Skema Pemakaian Energi Laptop.Biasanya produsen-produsen laptop juga menyertakan feature dan software power management. Software ini sangat berguna sekali bagi para konsumen laptop, karena software ini mampu mengatur pemakaian baterai dan daya listrik yang sedang digunakan. Di software ini ada beberapa pilihan yang dapat digunakan untuk mengetahui beban hard disk dan energi lain yang sedang digunakan oleh laptop. Di antaranya mengetahui kecepatan prosessor atau pencahayaan monitor yang tepat untuk dapat menghemat baterai. Software ini sekaligus dapat menjadi pengawas bagi kita dalam menggunakan laptop.
Oke cukup sekian posting kali ini dari saya yang berjudul 10 Tips Dan Triks Menghemat Energi Pada Laptop Dan Komputer, apabila ada kekurangan mohon dimaafkan dan apabila ada kelebihannya semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Bila ada yang masih belum paham silahkan bertanya lewat kolom komentar dibawah ini. Jangan lupa kunjungji blog baru saya sob http://mas-acep.blogspot.com/ Selamat Mencoba ^_^
11 Komentar untuk "10 Tips Dan Triks Menghemat Energi Pada Laptop Dan Komputer"

hibernate ama sleep itu masih hematan mana yan sob? :)

agan tau gak itungan daya kalo mau milih UPS yang baik?

agan mau tanya kalo umpama cara merawat harddisk yang baik itu gimana ya?

ilmunya bermanfaat kang.. kunjungan perdana nih. visit back ya

ternyata manjur triknya,dan sekarang lptp saya yg jadul bisa sedikit tahan batrei.
salam kenal dan follow.di tunggu kunjungan dan followbacknya,
blogger pemula

Yang mereknya terkenal pasti itu UPS yang baik mas :)
sesuaikan dengan daya komputer yg anda pakai mas

Sebulan sekali di defragmentasi mas. Pake Tune Up juga mantep kok

wah jadi gtu caranya, bisa di coba, tpi klo di buat gtu pda pencahayaan, pasti nanti akan mengurangi tampilannya jadi kurang bagus..
maksih mas tipsnya......

Saya sangat butuh informasi ini mas, soalnya saya pakai laptop mini yang notabene daya baterainya dikit tidak kaya yg 14", sangat butuh tips menghemat baterainya. Terima kasih

PERATURAN BERKOMENTAR :

1. Dilarang Spam.
2. Dilarang Memasang Link Aktif.
3. Dilarang Menghina, Sara, Dan P*rn.
4. Dilarang Promosi.
5. Komentar Harus Relevan Dengan Artikel.

Jika anda melanggar 5 point diatas, maka komentar anda akan kami hapus langsung tanpa pemberitahuan sebelumnya.
Terima kasih dan selamat berblogging ria.

 
Copyright © 2014 Acep-Computer - All Rights Reserved
Template By Catatan Info Supported By Acep Game
Back To Top