Acep-Computer

Tips Triks Komputer, Download Software Gratis, Dan Tutorial Blog

Kelebihan Kekurangan Tinta Asli Dan Tinta Refill Pada Printer


Kelebihan Kekurangan Tinta Asli Dan Tinta Refill Pada Printer
Single Link
Alternative Link : [ Click Here... ] Direct Link
Perbandingan Tinta Asli Dan Tinta Refill Pada Printer

Perbandingan Tinta Asli Dan Tinta Refill Pada Printer | Banyak semua orang yang tahu atau kenal dengan produk printer yang satu ini. Yups, dilihat dari gambarnya saja pasti anda sudah langsung kenal. Gambar diatas adalah tinta Printer merek HP yang terkenal akan kualitasnya yang bagus itu. Tapi disini saya tidak akan membahas printernya, akan tetapi disini saya akan membahas Kelebihan Kekurangan Tinta Asli Dan Tinta Refill Pada Printer. Lebih tepatnya adalah tinta printer HP.

Harga tinta refill yang murah benar-benar menggiurkan. Namun apakah benar begitu? Dibalik harganya yang murah penggunaannya malah lebih boros. Buktikan saja dalam waktu seminggu. Belum lagi hasil yang kurang maksimal seperti kualitas cetaknya yang tidak detail. Mesin printer anda pun tidak bekerja dengan maksimal karena sering terjadi gangguan ketika mencetak. Berikut adalah Perbandingan Tinta Asli Dan Tinta Refill Pada Printer yang saya dapat dari pengalaman saya dan juga dari berbagai sumber yang ada :



Kelebihan Dan Kekurangan Tinta Asli :

Kelebihannya :
  • Hasil Cetakan Mantap. Hal ini tentunya sangat bermanfaat buat anda. Terlebih buat para pelajar yang banyak tugas seperti membuat makalah. Jika cetakan mantap, maka tentunya kita akan merasa puas.
  • Tidak Mudah Rusak. Tentu hal ini akan terjadi jika anda menggunakan tinta yang asli. Printer tidak mudah rusak yang tentunya kita tidak akan mengeluarkan kocek lagi sob.
  • Umur Printer Lebih Lama. Jika printer tidak mudah rusak, maka secara otomatis juga printer umurnya akan lebih lama. Hal ini tentunya sangat bermanfaat sekali untuk kita.
  • Tidak Mudah Habis. Tinta yang asli lebih banyak keuntungannya daripada kerugiannya. Tidak mudah habis adalah salah satunya. Hal ini bisa terjadi jika kita memakai tinta yg asli. Tidak Percaya ? Coba buktikan sendiri.
  • Mudah Dipasang Dan Digunakan. Kita hanya tinggal memasangnya. Tidak perlu repot-repot suntik sana suntik sini. Yang perlu kita lakukan hanya tinggal memasangnya dan langsung pakai. Tidak perlu hal yang rumit jadinya.
Kekurangannya :
  • Harga Mahal. Sudah pasti hal ini akan terjadi. Harga yang mahal tentunya juga menjadi kendala bagi para pelajar yg mempunyai uang yg pas-pasan. Jadi banyak pelajar yg meng-print tugasnya di warnet.
  • Susah Didapat. Karena banyak bermunculan kios tinta refill, jadi untuk mencari tinta yg asli butuh perjuangan yg lebih. Susah didapat tidak mungkin sih sob sebenarnya. Karena sekarang produsen sudah mengeluarkan strategi yg lebih jitu lagi.
  • Dan Masih ada kekurangan yg lainnya yg tidak bisa saya tuliskan lagi karena lebih banyak kelebihannya daripada kekurangannya.

Kelebihan Dan Kekurangan Tinta Refill :

Kelebihannya
  • Harga Murah Meriah. Memang harga tinta refil itu pasti jauh lebih murah dibandingkan dengan tinta yang asli. Hal ini yang bisa membuat orang banyak memilih membeli tinta yg refill daripada yang asli.
  • Ramah Lingkungan. Selain murah, tinta refill juga ramah lingkungan. Karena kita tidak perlu membuang katrid yang sudah habis. Kita hanya tinggal mengisi ulangnya dan langsung pakai.
  • Kualitas Tidak Jauh Beda. Tidak dipungkiri lagi jika tinta refill kualitasnya tidak jauh beda dengan yang aslinya. Tidak jauh beda maksudnya adalah hasil cetakannya. Ya paling beda sekita 20-30%-an lah sob.
  • Mudah Didapat. Tinta refil sekarang ini sangat mudah didapat. Apalagi sekarang banyak bermunculan toko yang dikhususkan untuk isi ulang tinta printer anda. Jadi anda tidak susah untuk mencari tinta refill di kota anda.
  • Kartrid isi ulang tidak akan merusak Printer anda. Jenis tinta pada setiap kartrid printer adalah bagian ekosistem yang lengkap dan kompleks untuk bekerja sama dengan Printer, jadi tinta bukan sekedar air berwarna dalam sebuah wadah plastik. Resiko pengguna kartrid isi ulang berdampak pada rusaknya printer dan hasil cetak yang berkualitas rendah, banyak kasus complain sekitar 25% pengguna mengalami kerusakan permanen pada printer mereka karena menggunakan tinta isi ulang dan mengakibatkan garansi printer menjadi tidak berlaku (Void)
Kekurangannya
  • Mudah Habis. Pasti jika anda menggunakan tinta yang refill akan cepat habis tintanya. Hal ini disebabkan karena tinta yang refill itu tidak cocok dengan si printer, jadi penggunaan tinta akan banyak.
  • Printer Cepat Rusak. Jika anda menggunakan tinta refill, maka siap-siaplah untuk mengeluarkan kocek lagi. Mengapa ini bisa terjadi? Ya karena tinta yg anda gunakan adalah refill yang dimana tinta ini tidak konpatibel dengan printer yang anda pakai.
  • Garansi Akan Hangus. Selain printer yang akan cepat rusak, maka kerugian yang akan anda dapat juga garansi akan hangus. Jika printer anda memakai tinta refill dan rusak, lalu anda mengservisnya ke service center HP, maka garansi anda akan hangus. Karena anda menggunakan tinta refill bukan tinta asli yang direkomendasikan.
  • Katrid Printhead Akan Rusak. So pasti printhead printer anda akan rusak. Karena Tinta yg anda pakai tidak kompatibel dengan printheadnya.
  • Kualitas Cetak Menjadi Menurun. Jika anda memakai tinta refill lalu beralih ke yg asli lagi, maka kemungkinan hasil cetakan anda akan menurun. Mungkin saja hal ini bisa terjadi ya sob..? 
Setalah tahu mana perbedaan kelebihan dan kekurangan tinta printer yg asli atau yg refill, maka disini saya akan menambahkan lagi ciri-ciri tinta printer yg palsu. Info ini sangat bermanfaat bagi anda yg ingin membeli tinta printer yang asli. Berikut adalah ciri-cirinya :
  1. Mutu. Jika sebuah cartridge mutunya buruk dan tidak konsisten, cartridge tersebut palsu. Cartridge printer Hp adalah salah satu produk cartridge terhandal sedunia.
  2. Harga. Bila harga cartridge jauh di bawah pasaran, cartridge tersebut palsu. Hp tidak membanting harga untuk perlengkapan printer atau menjual barang bekas.
  3. Kemasan. Jika kemasan cartridge tidak tampak seperti standar kemasan asli atau telah di timpa, cartridge itu bukan asli. HP membubukan label pengaman pada semua kemasan cartridge toner.
  4. Pasokan. Jika cartridge cepat habis tinta atau tonernya, barang kali itu palsu. PC World melaporkan bahwa banyak cartridge palsu sengaja di isi setengahnya saja.
  5. Pemasaran. Jika sebuah perusahaan tampaknya melakukan praktik penipuan pasar, cartridge yang dijualnya kebanyakan palsu.
Oke cukup sekian tulisan Kelebihan Kekurangan Tinta Asli Dan Tinta Refill Pada Printer dari saya, semoga tulisan yang saya buat diatas bisa bermanfaat buat anda semua. Jika masih ada hal yang belum mengerti, Ada baiknya nda bertanya lewat kolom komentar yang ada di bawah. Mohon maaf jika ada kekurangannya dan jika anda kelebihannya semoga bisa menambah wawasan anda.
16 Komentar untuk "Kelebihan Kekurangan Tinta Asli Dan Tinta Refill Pada Printer"

Emp... jadi begitu ya ciri-ciri dan dampak positiv serta negativenya? Makasih ya sob sudah share :D

wah ia dl ane suka gak memperhatikan tinta asal masukkan aja :v
keren ni kamu dalam buat postingan nya... tingkatkan terus... :)

terima kasih sudah bagi informasi menariknya ...

Ane se7 gan buat pake yg asli, tapi ya itu tadi susah didapet n kalupun ada hargae 2x lipat

Bearti benar ya perkiraan saya diatas...?

jadi kalo pakai tinta refil itu mudah merusak katridnya tapi tidak untuk printernya kan?

thx infonya. kunjungi balik canon experiment jobs at canonprinter99x.blogspot.com. semoga bisa menambah wawasan. salam

thanks infonya gan, kalo tinta buat sticker itu apa ya?

Kayaknya point tinta refill merusak printer itu berlaku pada printer yg printheadnya terpasang diprinter seperti pada Epson, kalo HP, dan Canon sekarang printhead sudah include di cartridge, makanya harga cartridgenya mahal ya karena printhead itu yg bikin mahal.

Kalo tinta cepet habis ya tinggal refill lagi,,,

Kalo saya ngerefill kalo darurat aja, soalnya saya pake HP Ink Advantage :D, dan cuma satu toko yg jual cartridge HP dengan harga HET seperti di Bhinneka/Partner HP, dan toko itu tutup jam 5 sore, bayangkan kalo tinta habis di malam hari sedangkan besok pagi tugas harus dikumpul.

PERATURAN BERKOMENTAR :

1. Dilarang Spam.
2. Dilarang Memasang Link Aktif.
3. Dilarang Menghina, Sara, Dan P*rn.
4. Dilarang Promosi.
5. Komentar Harus Relevan Dengan Artikel.

Jika anda melanggar 5 point diatas, maka komentar anda akan kami hapus langsung tanpa pemberitahuan sebelumnya.
Terima kasih dan selamat berblogging ria.

 
Copyright © 2014 Acep-Computer - All Rights Reserved
Template By Catatan Info Supported By Acep Game
Back To Top